www.porntv.plus

articlePenerapan Internet of Things (IoT) di Era Pertanian Presisi - Data Sains Inteknova

11 Februari 2021by dsi_admin0

Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam, curah hujan yang tinggi, serta banyaknya mineral dalam tanah membuat banyak tanaman tumbuh di Indonesia dengan subur.

Saat ini, sistem pertanian presisi (precision agriculture) sedang menjadi lingkup kajian yang strategis. Pertanian presisi merupakan sistem pertanian dengan input menggunakan teknik dan teknologi yang tepat untuk mengurangi masalah pemborosan sumber daya.

Penerapan konsep teknologi Internet of Things (IoT) dalam teknologi pertanian ada pada sistem telemonitoring yang dapat diaplikasikan pada alat dan mesin pertanian.

Telemonitoring berarti data-data pertanian diambil menggunakan berbagai sensor, untuk kemudian data tersebut disimpan di server. Data dapat diakses kapanpun menggunakan perangkat telekomunikasi.

Dengan pemanfaatan IoT di bidan pertanian ini data pertanian dapat diakses secara real time, dimana data realtime tersebut dapat menjadi acuan para petani mengambil keputusan

Beberapa contoh pengaplikasian telemonitoring berbasis IoT bisa dilakukan pada mesin pengering mekanis untuk mengetahui kadar air tanpa perlu menghentikan proses pengeringan, mengetahui suhu air, tekanan udara.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://datasains.co.id/wp-content/uploads/2022/11/Logo-Footer.png
Digitize and Grow Your Business Together with DataSains
Increase efficiency, productivity and business perfomance with product & services that have been used by world-class business in indonesia.
Contact Info

Grand Galaxy City Blok RGN 12
Jalan Pulo Sirih Barat Raya, Jakasetia, Bekasi Selatan
(021) 82740286

Jl. Pemuda No. 65 Rawamangun
Jakarta Timur 13220
(021) 82740286

info@datasains.co.id
marketing@datasains.co.id

Discover More

Copyright by PT. DATA SAINS INTEKNOVA. All rights reserved.

Open chat
Hello, how can I help you?
Hello, how can I help you?