www.porntv.plus

articleArtificial Intelligence - Data Sains Inteknova

11 Februari 2021by dsi_admin0

 

Apa itu Artificial Intelligence?

Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (disingkat AI), Mungkin 10 tahun lalu, orang masih menjadikan hal ini sebagai bahan guyonan yang tidak mungkin teknologi ini bisa diciptakan. Namun kini, sadar atau tidak, Artificial Intelligence (AI) sudah diterapkan di kehidupan sekarang.

Contoh sederhana, yang ada pada aplikasi Google: Google Lens. Google Lens merupakan tool yang berbasis kecerdasan buatan, di mana teknologi yang dikembangkan oleh Google tersebut dapat memunculkan informasi yang relevan terkait objek yang diidentifikasi menggunakan analisis visual. Contoh lain misalnya seperti Jarvis di film Ironman. Itulah gambaran mengenai teknologi Artificial Intelligence (AI).

Sejarah Singkat Artificial Intelligence

Mengenal lebih jauh soal AI, McMulloh dan Pitts pada tahun 1943 mengusulkan model matematis bernama perceptron dari neuron di dalam otak. Mereka juga bereksperimen bagaimana neuron menjadi aktif seperti halnya saklar on/off dan neuron tersebut mampu untuk belajar dan memberikan aksi berbeda terhadap waktu dari input yang diberikan.

Peran terbesar di bidang AI diawali oleh paper Alan Turing, pada tahun 1950 yang mencoba menjawab “Dapatkah computer berfikir” dengan menciptakan mesin Turing. Paper Alan Turing pada tahun 1950 berjudul “Computing Machineri and Intelligence” mendiskusikan syarat sebuah mesin dianggap cerdas. Alan Turing beropini jika mesin dapat dengan sukses berperilaku seperti manusia, kita dapat menganggapnya cerdas.

 

Bagaimana Artificial Intelligence Digunakan?

  • Belanja Online

AI akan mengumpulkan data berdasarkan online habits tiap individu dan menentukan iklan apa yang sesuai untuk orang tersebut. Pernah tidak, disela-sela aktivitas kamu sedang asik scrolling Instagram, tiba-tiba muncul iklan produk yang relevan dengan minat kamu. Iklan tersebut memang dengan sengaja ditujukan kepada kamu. Jika kamu hobi membuka situs fashion, mungkin kamu sering bertemu dengan iklan yang menawarkan seperti: baju, celana, sepatu dll.

 

  • Menggunakan GPS

Mau buru-buru ke rumah teman karena ada acara perayaan ulang tahun? Gunakan GPS saja untuk mengetahui jalur tercepat dari lokasi kamu ke rumah teman kamu. AI yang tertanam di dalam mesin (smartphone) akan membantu kamu memberi informasi navigasi yang tepat.

  • Foto dengan Filter

Banyak aplikasi foto dengan filter yang beredar saat ini, contohnya Instagram. Wajah kamu bias ditransformasi menjadi wajah kucing atau bentuk wajah yang aneh oleh filter yang ada di kamera. Mengapa itu bias terjadi? Karena ada teknologi Ai yang sedang bekerja. Dengan adanya AI, kamera smartphone kamu dapat membidik wajah secara tepat dan akurat, sekaligus membedakannya dengan background.

Apakah AI bisa menggantikan manusia?

AI diciptakan untuk menunjang pekerjaan manusia. Kalau disebut dapat menggantikan sebagian pekerjaan yang saat ini masih dikerjakan oleh manusia, tentu benar. Justru dengan begitu, sumber daya yang dimiliki dapat dialokasikan untuk pekerjaan-pekerjaan yang lebih bernilai.

Selain itu, teknologi ini membuat banyak sekali peluang dapat dieksplorasi yang tentunya juga menciptakan pekerjaan-pekerjaan baru yang mungkin saat ini pun belum terpikirkan oleh kita. Misalnya, dahulu belum ada atau tidak umum dikenal profesi seperti data scientist, business intelligence dan lain-lain yang baru muncul ketika perkembangan teknologi menciptakan peluang baru.

AI bisa meningkatkan kemampuan kita dan membantu kita lebih baik dalam hal yang kita lakukan, karena algoritma AI belajar dengan cara berbeda dari manusia. AI melihat hal-hal dengan cara yang lain. Algoritma AI bisa melihat hubungan dan pola yang mungkin luput dari kita. Kemitraan AI dan manusia ini menawarkan banyak peluang, sebagai berikut:

  1. Menghadirkan analitik ke industri dan domain tempat keduanya tidak digunakan sepenuhnya.
  2. Meningkatkan performa teknologi analitik yang ada.
  3. Mendobrak hambatan ekonomi, termasuk hambatan bahasa dan terjemahan.
  4. Meningkatkan kemampuan yang ada dan membuat kita lebih baik dalam hal yang kita lakukan.
  5. Memberi kita visi, pemahaman, memori yang lebih baik, dan lebih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://datasains.co.id/wp-content/uploads/2022/11/Logo-Footer.png
Digitize and Grow Your Business Together with DataSains
Increase efficiency, productivity and business perfomance with product & services that have been used by world-class business in indonesia.
Contact Info

Grand Galaxy City Blok RGN 12
Jalan Pulo Sirih Barat Raya, Jakasetia, Bekasi Selatan
(021) 82740286

Jl. Pemuda No. 65 Rawamangun
Jakarta Timur 13220
(021) 82740286

info@datasains.co.id
marketing@datasains.co.id

Discover More

Copyright by PT. DATA SAINS INTEKNOVA. All rights reserved.

Open chat
Hello, how can I help you?
Hello, how can I help you?