www.porntv.plus

articleEMPAT BESAR PRODUK PERTANIAN DI INDONESIA - Data Sains Inteknova

11 February 2021by dsi_admin0

 

Urutan terbesar komoditas produk pertanian di Indonesia antara lain :

  1. KOPI

Dengan berbagai macam jenis kopi yang dihasilkan oleh Indonesia seperti Gayo dari Aceh, Toraja dari Sulawesi, Kintamani dari Bali, dan masih banyak lagi varian lainnya tidak heran Indonesia menjadi salah satu penghasil kopi terbesar di dunia,

Ekspor kopi Indonesia pada periode Januari sampai Oktober 2018 tercatat berada pada angka lebih dari US$662 juta. Data dari World Atlas mengatakan Indonesia berada pada urutan keempat selaku eksportir kopi terbesar dunia dengan nilai ekspor mencapai 660.000 ton per tahun.

Posisi pertama ditempati oleh Brasil dengan lebih dari 2,5 ton per tahun. Di tempat kedua ada Vietnam dengan 1,65 juta ton per tahun. Lalu di tempat ketiga ada Kolombia dengan 810.000 ton per tahun. Ethiopia berada di posisi kelima dengan 384.000 per tahun.

  1. KACANG-KACANGAN

Komoditas kedua produk pertanian terbesar adalah kacang-kacangan. Produk yang dilempar ke pasar Internasional bisa dalam berbentuk kering maupun segar baik yang sudah dikupas ataupun dalam keadaan belum dikupas.

Daerah penghasil kacang-kacangan di Indonesia terbilang cukup merata dengan pulau Sumatera sebagai pusat penghasilnya mulai dari Aceh, Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Riau. Daerah lainnya ada Bali dan Jawa Timur

Pada 2017 ekspor kacang-kacangan Indonesia menghasilkan devisa sebesar US$292 juta. Tahun lalu, hingga Oktober 2018, ekspor kacang-kacangan sudah menyumbang US$262 juta untuk Indonesia

  1. LADA

Sampai saat ini, Indonesia merupakan salah satu negara penghasil lada utama dunia. Posisinya berada pada urutan ketiga dengan memasok 11% ke pasar global, unggul sangat tipis atas Cina yang memasok 10%. Peringkat dua ditempati oleh India dengan 18%. Dan Vietnam berada di urutan pertama dengan 25% kebutuhan lada Dunia.

Daerah penghasil lada di Indonesia cukup tersebar yakni berada di daerah Bangka, Bengkulu, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Selatan. Ekspor lada Indonesia hingga Oktober 2018 tercatat berada di angka US$123 juta.

  1. KAKAO

Tanaman penghasil cokelat ini tumbuh hampir di semua pulau di Indonesia, akan tetapi dua daerah penghasil kokoa terbesar adalah Sulawesi dan Sumatera. Sulawesi menjadi pulau penghasil kakao pertama dengan volume 60% produksi nasional disusul oleh Sumatra dengan 20%.

Ekspor kakao Indonesia hingga Oktober 2018 mencapai 24.038 ton dengan nilai US$62,9 juta. Dari sisi volume, ada kenaikan sekitar 8% dibanding tahun sebelumnya dan dari sisi nilai, kenaikannya mencapai 32,98%. Pada pasar Internasional, Indonesia menempati peringkat tiga penghasil kakao terbesar dunia di bawah Ghana dan Pantai Gading.

Saat ini Indonesia sedang dalam masa menuju krisis pertanian karena berkurangnya jumlah petani, alih fungsi lahan dan arus urbanisasi yg meningkat.

Melihat bagusnya prospek pertanian di Indonesia seharusnya kita bisa lebih berminat pada bidang pertanian, akan sangat disayangkan jika Indonesia kita kehilangan sumber pemasukan dari sektor pertanian.

 

Sumber: https://www.portonews.com/2019/pernik-bisnis/8-besar-produk-pertanian-indonesia/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://datasains.co.id/wp-content/uploads/2022/11/Logo-Footer.png
Digitize and Grow Your Business Together with DataSains
Increase efficiency, productivity and business perfomance with product & services that have been used by world-class business in indonesia.
Contact Info

Grand Galaxy City Blok RGN 12
Jalan Pulo Sirih Barat Raya, Jakasetia, Bekasi Selatan
(021) 82740286

Jl. Pemuda No. 65 Rawamangun
Jakarta Timur 13220
(021) 82740286

info@datasains.co.id
marketing@datasains.co.id

Discover More

Copyright by PT. DATA SAINS INTEKNOVA. All rights reserved.

Open chat
Hello, how can I help you?
Hello, how can I help you?