www.porntv.plus

articleAugmented Reality - Data Sains Inteknova

11 February 2021by dsi_admin0

 

 

Apa itu Augmented Reality?

Pernah dengar istilah Augmented Reality? Kalau kita peka terhadap teknologi, sebenarnya Augmented Reality ini sudah sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari, atau tanpa sadar kita pun pernah menggunakannya dalam aplikasi di smartphone. Teknologi Augmented Reality sendiri baru sangat berkembang di beberapa tahun terakhir ini. Lalu, sebenarnya apa sih Augmented Reality itu?

Augmented Reality (AR) merupakan sebuah teknologi yang dapat memunculkan objek digital di dunia nyata. Dengan teknologi ini, kita dapat secara langsung melihat objek digital dengan bantuan media seperti smartphone/tablet dalam implementasinya.

Walaupun baru-baru ini kata Augmented Reality terdengar sangat lantang, namun ternyata teknologi ini pertama kali ditemukan pada tahun 1950-an oleh Morton Heilig, seorang cinematographer. Teknologi ini membuka peluang baru untuk para pelaku dunia industri maupun dunia pendidikan untuk mengembangkan teknologi tersebut dalam impelementasinya di kehidupan sehari-hari.

Sejarah Singkat Augmented Reality

Sejarah tentang Augmented Reality dimulai dari tahun 1957-1962. Ialah Morton Heilig, seorang penemu yang berprofesi juga sebagai cinematografer, ia menciptakan dan mematenkan sebuah simulator yang disebut Sensorama dengan visual, getaran dan bau.

Pada tahun 1975, untuk pertama kalinya Myron Krueger menemukan Videoplace yang memungkinkan para penggunanya bisa berinteraksi dengan objek virtual. Jaron Lanier mengembangkan teknologi Augmented Reality untuk melakukan perbaikan pada pesawat terbang boeing di tahun 1992, dan pada tahun yang sama, LB Rosenberg mengembangkan salah satu fungsi sistem AR, yaitu Virtual Fixtures, yang digunakan di Angkatan Udara AS Armstrong Labs dan menunjukan manfaatnya pada manusia.

Pada tahun 2008, Wikitude AR Travel Guide, provider teknologi yang bermarkas di Salzburg, Austria memperkenalkan Smartphone Android G1 yang berteknologi Augmented Reality. Tahun berikutnya, Saqoosha mengembangkan tool yang bernamana FLARToolkit, di mana dengan tool tersebut memungkinkan kita memasang teknologi AR di sebuah website, karena output yang dihasilkan berbentuk Flash. Ditahun yang sama juga, Wikitude Drive meluncurkan sistem navigasi berteknologi AR di Platform Android.

 

Bagaimana Augmented Reality Digunakan?

  • Medical

Di dunia medical, Teknologi AR saat ini juga sudah diterapkan Augmented Reality pada visualisasi penelitian mereka, seperti misalnya, untuk simulasi operasi, simulasi pembuatan vaksin virus, dll.

 

  • Entertainment

Banyak industri di dunia hiburan menggunakan Augmented Reality sebagai penunjang efek-efek yang akan dihasilkan oleh hiburan tersebut. Sebagai contoh, pada pembuatan film, aktor berdiri di depan layar hijau, kemudian dengan teknologi Augmented Reality, layar hijau tersebut berubah menjadi gambar animasi, sehingga seolah-olah aktor tersebut masuk ke dalam animasi tersebut.

Teknologi Augmented Reality akan terus berkembang seiring berjalannya waktu, mengingat teknologi ini sangat berpengaruh dalam membantu pekerjaan manusia, dan kita yang bergerak di dunia IT mempunyai kesempatan yang besar untuk ikut serta dalam mengembangkan teknologi ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://datasains.co.id/wp-content/uploads/2022/11/Logo-Footer.png
Digitize and Grow Your Business Together with DataSains
Increase efficiency, productivity and business perfomance with product & services that have been used by world-class business in indonesia.
Contact Info

Grand Galaxy City Blok RGN 12
Jalan Pulo Sirih Barat Raya, Jakasetia, Bekasi Selatan
(021) 82740286

Jl. Pemuda No. 65 Rawamangun
Jakarta Timur 13220
(021) 82740286

info@datasains.co.id
marketing@datasains.co.id

Discover More

Copyright by PT. DATA SAINS INTEKNOVA. All rights reserved.

Open chat
Hello, how can I help you?
Hello, how can I help you?